NADZAR YANG ISTIMEWA

Oktober 20, 2010 as3

Keluarga ‘Imrån adalah keluarga pilihan yang Alloh istimewakan dan disebut-sebut dalam Al-Quranul kariim, surat ke-3 karena ketaqwaannya dan ta’at beribadah. Mereka hidup dengan penuh pengabdian kepada Alloh SWT. Istri ‘Imran bin Mathan bernama Hannah. Dia memiliki adik bernama Isya, yang merupakan istri dari nabi Zakaria A.S.Nama ayahnya adalah faguts.

Sebagaimana manusia pada umumnya,pahit manis kehidupan dialaminya pula. Keluarga ‘Imrån pun ditimpa ujian Alloh SWT, yakni belum dkaruniai anak diusianya yang makin menua. Namun dengan keimanannya terhadap rahmat dan kasih sayang-Nya, ia tak berhenti untuk selalu berdo’a mengharap kehadiran sang buah hati di tengah keluarganya.

Melalui penantian yang cukup panjang disertai do’a dan ikhtiar, akhirnya mengandunglah Hannah istri ‘Imrån dan dsambutlah berita bahagianya itu oleh mereka dengan ucapan tahmid,tasbih dan takbir tanda syukur pada Alloh SWT.
Akan tetapi sebelum ‘Imran menyaksikan kelahiran bayinya, ia dipanggil kembali ke rahmatullah.

Dalam kesendirian,tak membuat Hannah putus asa. Ia bernadzar dengan istimewa,

“Ya Rabbi, sesungguhnya aku nadzarkan kepada-Mu anak yang ada dalam kandunganku menjadi hamba yang shalih lagi berkhidmat. Karena itu terimalah nadzarku. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar dan Maha Mengetahui.”
(Q.S.Ali ‘Imran (3); 35)

Sebenarnya, Ia berharap anak yang dilahirkannya itu laki-laki.tapi ternyata ia mendapatinya sebagai anak perempuan. Kemudian ia berkata,

“Ya Tuhanku,aku telah melahirkan anak perempuan……”

Ia menyatakan hal ini dengan rasa berat karena berharap melahirkan anak laki-laki agar berkhidmat kepada Alloh di tempat ibadah. Ia berpandangan bahwa seorang perempuan tidak bisa melakukan tugas-tugas sebagaimana yang dapat dilakukan laki-laki. Maka Alloh memberikan jawabannya dengan berfirman:

…dan Alloh lebih mengetahui apa yang dilahirkannya…..

Alloh lebih mengetahui apa yang dikehendaki-Nya dengan lahirnya anak perempuan dibanding dengan apa yang diketahui Hannah.

Kemudian Hannah memberinya nama:

“…dan aku memberinya nama Maryam,dan aku mohon perlindungan-Mu untuknya dan anak cucunya dari gangguan syaitan yang terkutuk”

Maryam berarti ” wanita suci yang beribadah”. Pemberian nama ini merupakan harapan dari ibunya agar kelak Maryam jadi wanita suci yang shalihah.
Sungguh, do’a yang sempurna dan Alloh mengabulkannya. Ia jadikan Maryam anak yg shalihah dan terlindung dari sgala keburukan akhlak. Ia tumbuh dalam pengasuhan nabi Zakaria A.S ,yg juga adalah paman dari ibunya (adik ipar Hannah).
kemuliaan Maryam disabdakan oleh Rasulullah SAW, “Setiap bani Adam disentuh syaithan pada hari kelahirannya kecuali Maryam dan putranya (nabi Isa A.S)”
(H.R. al-Bukhåry dan Muslim)
bahkan nabi Zakaria A.S yang di usia lanjutnya belum memiliki keturunan pun “terpikat” keshalihahan akhlak Maryam. Beliau menginginkan anak yang shalih. Dalam do’anya,

“Ya Tuhanku, berilah aku keturunan yang baik dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar do’a”

dan Alloh SWT pun mengkaruniainya anak yang shalih, yakni nabi Yahya A.S. Jadi Nabi Yahya A.S merupakan adik sepupu Maryam.

Subhånallöh…
semoga kita bisa belajar dari keluarga ‘Imran yang dimulyakan dan do’a-do’a yang baik dapat diamalkan agar mendapat keturunan yang shaleh dan shalehah.amiin…

rabbi habli minashshalihiin…
rabbi habli minal muhtadiin
rabbi, u’idzuhuu bika wa dzurriyyatahuu minasysyaithoonirrajiim..amiin..

Referensi:
Al-Quranul Karim Surat ‘Ali ‘Imran ayat 35-36
Tafsir Nurul Quran jilid 4 Surat ‘Ali ‘Imran ayat 35-36
Percikan do’a karya M.Rahmat Najieb

Entry Filed under: ayat dan do'a

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Music

 
%d blogger menyukai ini: